Next Post

Pemkab Bungo Melalui Dinas TPH-Bun Buka Sosialisasi Rintisan ISPO Swadaya

IMG-20220216-WA0022

Bungo – Mewakili Bupati Bungo, Asisten II Ir. H. Syaiful Azhar sekaligus membuka Sosialisasi Indonesian Supstainable Palm Oil (ISPO) 2022.

Sosialisasi berlangsung di ruang utama Bupati Bungo, Rabu (16/02/2022). Di hadiri langsung oleh asisten II setda Bungo Ir.H.Saiful Azhar, Sekdis TPH Bun Bungo Hari Setiawan, perwakilan dinas TPH Bun Provinsi Jambi Panca, para Kabag, camat Limbur Lubuk Mengkuang, dan Datuk Rio/Kades dusun Renah sungai Ipuh.

Asisten II Ir.H.Saiful Azhar, dirinya mengatakan,“Kegiatan ini juga dalam rangka mendukung Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mewujudkan sawit berkelanjutan.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pertanian mengeluarkan inpres melalui Peraturan Menteri Pertanian nomor 11 tahun 2015 tentang sertifikasi ISPO.

Saat ini dalam Peraturan tersebut ISPO bersifat suka rela untuk petani swadaya, namun demikian untuk menuju sawit berkelanjutan maka kegiatah ini penting kami laksanakan,”ujarnya. Asisten II.

Dalam perkembangannya, terutama sejak peluncuran ISPO tersebut dan terbitnya berbagai peraturan terkait dengan keberlanjutan pembangunan Perkebunan, serta di undangkannya Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2014 tentang Perkebunan yang harus diadopsi oleh persyaratan ISPO, permintaan pasar terhadap minyak yang bersertifikat ISPO yang mulai bermunculan, mengharuskan perlunya persyaratan ISPO untuk direvisi.

“Penyempurnaan ketentuan yang diatur dalam Peraturan Menteri Pertanian Nomor 19/Permentan/OT.140/3/2011 tentang Pedoman Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan Indonesia ISPO bertujuan untuk lebih memberikan petunjuk yang lebih jelas bagi pelaku usaha perkebunan dan para pertanahan,”Kata Saiful Azhar.

Dikatakanya, ISPO merupakan suatu kebijakan yang diambil oleh pemerintah Indonesia melalui Kementrian Pertanian dalam rangka untuk meningkatkan daya saing minyak sawit Indonesia ditingkat dunia.

“serta ikut berpartisipasi dalam rangka memenuhi komitmen Presiden Republik Indonesa untuk memberi perhatian terhadap masalah lingkungan di indonesia. ISPO menjadi senjata ampuh untuk melawan isu negatif kelapa sawit Indonesia,”terangnya.

Sementara itu Panca Selaku Perwakilan dinas TPH Bun Provinsi Jambi Panca juga menjelaskan,” dengan sosialisasi ini diperlukan penyebaran informasi terkait dengan ISPO agar para petani sawit mendapatkan pemahaman yang baik tentang apa dan bagaima proses sertifikasi ISPO dilakukan.

“Termasuk melalui sosialisasi yang kita lakukan hari ini. Tujuannya agar petani sawit swadaya yang ada di Kabupaten Bungo dapat memiliki pemahaman yang baik tentang ISPO dan bagaimana mendapatkan sertifikasi ISPO,” ujarnya. (*).

Penulis : Firman Hidayat

Editor : MI

dinamisb

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

pks 0000
iklan 04
iklan 07
iklan 05
iklan 03
iklan 06
iklan 08
iklan 16
iklan 01
iklan 02
iklan 017
iklan 15
iklan 020
iklan 019
iklan 10
iklan 018
iklan 13
iklan 11
iklan 12
iklan 14
iklan 09
wa
lklklk
WhatsApp Image 2024-03-10 at 20.48.12
kkkkl

Recent News