Next Post

Gubernur Jambi Al Haris Akan Pastikan Idul Fitri 1443 H Berjalan Aman dan Lancar

52img20220426wa0062

Jambi – Gubernur Jambi, Al Haris, secara langsung membuka Rapat Koordinasi Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Jambi dalam rangka Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022, bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Senin 25 April 2022.

Dalam arahannya, Al Haris mengatakan selaku penyelenggara pemerintahan di Provinsi Jambi, Pemerintah Provinsi Jambi harus mempersiapkan beberapa hal guna menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1443 H Tahun 2022.

“Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan yaitu, kecukupan ketersediaan bahan pangan pokok dan kenaikan harga yang stabil, kecukupan ketersediaan gas, kecukupan ketersediaan BBM, kecukupan air bersih dan listrik yang lancar serta kelancaran transportasi dan lalu lintas jalan raya, mulai arus mudik sampai arus balik. Berkaitan dengan hal ini, kita perlu melakukan manajemen lalu lintas, termasuk didalamnya pengecekan kelaikan kendaraan yang digunakan untuk angkutan penumpang,” kata Al Haris.

Al Haris menjelaskan, keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), upaya pencegahan kebakaran rumah/permukiman, dan penanganan cepat jika terjadi kebakaran serta tetap perlu pengawasan terhadap pelaksanaan protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

“Meskipun kasus Covid-19 relatif terkendali dan trennya menurun drastis, namun semua elemen masyarakat harus sama-sama berpartisipasi untuk terus menekan penularan dengan penerapan protokol kesehatan,” jelas Al Haris.

Al Haris menyampaikan, berdasarkan laporan Satgas Pangan Provinsi Jambi, kondisi perkembangan harga rata-rata pangan pokok strategis tingkat konsumen di Provinsi Jambi secara umum menunjukkan kestabilan, namun ada beberapa harga komoditi strategis yang mengalami kenaikan tetapi dalam batas kewajaran, dan bahkan ada komoditi yang mengalami penurunan harga.

“Khusus untuk minyak goreng, ketersediaan yang berasal dari produksi dan distributor dalam daerah sebanyak lebih kurang sebanyak 894 ton, sedangkan kebutuhan selama satu minggu sebanyak 852 ton, artinya Provinsi Jambi surplus ketersediaan (stok) minyak goreng. Berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan minyak goreng kepada masyarakat dan upaya pengendalian harga minyak goreng, Pemerintah Provinsi Jambi bekerja sama dengan perusahaan yang ada di Jambi telah melaksanakan bazar minyak goreng murah bagi masyarakat,” ujar Al Haris.

Pemerintah Provinsi Jambi juga sudah menyediakan Layanan Pengaduan Pangan Masyarakat di Provinsi Jambi yang dituangkan dalam SK Gubernur Jambi Nomor: 321/KEP.GUB/PRKM-2.1/2022 tentang Layanan Pemgaduan pangan Masyarakat di Provinsi Jambi.

Terkait kesediaan beras, berdasarkan data Bulog Kanwil Jambi, ketahanan stok beras Provinsi Jambi cukup sampai 4 (empat) bulan kedepan, dan Bulog memiliki beras Premium dan Fortivit (beras vitamin sebagai salah satu beras untuk mengurangi stunting). (*).

Penulis : Afriadi

Editor : MI

dinamisb

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

pks 0000
iklan 04
iklan 07
iklan 05
iklan 03
iklan 06
iklan 08
iklan 16
iklan 01
iklan 02
iklan 017
iklan 15
iklan 020
iklan 019
iklan 10
iklan 018
iklan 13
iklan 11
iklan 12
iklan 14
iklan 09
wa
lklklk
WhatsApp Image 2024-03-10 at 20.48.12
kkkkl

Recent News