Next Post

Bupati Bungo Hadiri Panen Raya Cabe Merah Kelompok Tani Mangun Jayo Mandiri

IMG-20220330-WA0012

Bungo – Panen raya cabe merah kelompok tani mangun jayo mandiri, Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Kabupaten Bungo dihadiri oleh Bupati Bungo H. Mashuri. SP.ME, Dandim 0416 Bute, staff ahli Bupati, Asisten, Kepala dinas TPHP-BUN Bungo, para Kabid, PLT Camat Muko-Muko Bathin VII, Kapolsek, Danramil, Ketua TP-PKK Bungo dan Ketua GOW Kabupaten Bungo, Rabu (30/03/2022).

Diawali dengan sambutan dari Plt Camat Muko-Muko Bathin VII Septian Arifin menyampaikan, Terima kasih banyak kepada Bapak Bupati Bungo beserta rombongan yang telah berkesempatan meluangkan waktu untuk panen raya Cabe merah di Dusun Mangun jayo, Kecamatan Muko-muko Bathin VII.

”Disini saya sampaikan kepada Bapak Bupati Bungo, Dulunya masyarakat dusun Mangun Jayo merupakan petani, semenjak adanya tanaman cabai di Mangun Jayo ini petani kami beralih ke perkebunan,” Kata Septian Arifin.

Septian berharap ini dapat membangkitkan kembali gairah para petani khususnya di Kecamatan Muko-Muko tersebut, Dan juga yang tetap di bagian pertanian kami berharap tetap fokus dan istiqomah dan semakin meningkat panennya di kemudian hari.

Sementara itu Dandim 0416 Bute Letkol.Inf Arianto Subagio Maskare dalam sambutannya menyampaikan, Terima kasih kepada Bapak Bupati dan Bapak kadis TPHP-Bun, yang sudah memberikan kami undangan untuk menghadiri panen raya cabe di Dusun Mangun jayo.

Dimana-mana setiap bulan suci ramadhan harga bahan pokok pangan mengalami kenaikan dan kebutuhannya mengalami peningkatan.

“Kita mengharapkan pemenuhan cabe khususnya di kabupaten Bungo ini bisa cukup terpenuhi di bidang perkebunan terutama cabe dalam menghadapi bulan suci Ramadhan,” Kata Dandim 0416 Bute.

Sementara itu Kadis TPHP-Bun Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi.,SP.,M.SI dalam sambutannya menyampaikan Hari ini kita panen cabe di kelompok tani Mangun Jayo Mandiri, Ada seluas 1 hektar yang di panen pada hari ini.

”Produksi cabe di dusun mangun jayo ini sangat bagus ada sekitar 6 ton hasil cabe para petani, Ini merupakan salah satu kebun di kecamatan muko-muko Bathin VII sekitar 10 hektar yang siap di gunakan untuk perkebunan, sedangkan untuk Kabupaten Bungo sendiri kita siapkan ada sekitar 30 sampai 40 hektar lahan,” Kata Muhammad Hasbi.

Dirinya tentu juga sangat berharap kedepannya untuk pemerintahan bisa terus hadir di masyarakat, Untuk terus memberi bantuan, Memompa semangat para petani, sehingga luas tanah dan cabe kita terus meningkat, Yang sekarang sudah ada 8 Kecamatan yang merupakan sentra dari komoditi hortikultura.

Selain itu, Pemerintahan Kabupaten Bungo bersama dinas TPHP-bun memberi bantuan berupa bibit sayuran untuk kelompok tani yang berada di 10 kecamatan yang ada di kabupaten bungo, sebagai dalam bentuk sumbangsi pemerintahan terhadap perekonomian masyarakat khususnya petani sayuran.

Di tempat yang sama Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME menyampaikan Dusun Mangun jayo ini merupakan satu-satunya sentral perkebunan yang mempunyai luas tanah yang subur untuk menanam perkebunan seperti cabe merah ini.

Bupati berharap, pada masa yang akan datang akan terwujud kemandirian dalam pengelolaan tanaman pangan dan tidak tergantung dengan pihak lain.

Dengan adanya ini agar para petani dimaksimalkan dalam pengelolaannya. Jangan hanya panen cabe saja tapi bagaimana para petani bisa mewujudkan ini semua menjadi salah satu sentra pertanian modern di Kabupaten Bungo. (*).

Penulis : FH

Editor : MI

dinamisb

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

pks 0000
iklan 04
iklan 07
iklan 05
iklan 03
iklan 06
iklan 08
iklan 16
iklan 01
iklan 02
iklan 017
iklan 15
iklan 020
iklan 019
iklan 10
iklan 018
iklan 13
iklan 11
iklan 12
iklan 14
iklan 09
wa
lklklk
WhatsApp Image 2024-03-10 at 20.48.12
kkkkl

Recent News