Next Post

Bupati Bungo Hadiri Acara Pencanangan Gerakan Batanghari Bersih

IMG-20220309-WA0037-1536x1023

Bungo – Bupati Bungo H Mashuri turut menghadiri acara Pencanangan gerakan batanghari bersih, di depan rumah dinas gubernur Jambi, Rabu (9/3/2022).

Kegiatan itu sekaligus Penandatanganan MoU terkait komitmen gerakan batanghari bersih yang diikuti seluruh kepala daerah se- Provinsi Jambi.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi Hj. Sri Argunaini mengatakan dalam rangka meningkatkan indeks kwalitas air sungai batanghari. Hari ini indeks kwalitas air sungai batanghari berada di tingkat 48,98 persen pada pengecekan tahun 2021.

Direktur pengendalian pencemaran air Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan, Dra. CH. Nety Widayati, MT. menyebut beberapa titik pengecekan yang dilakukan hasilnya hampir semuanya menunjukkan air sungai batanghari dalam kondisi mutu cemar ringan.

“Mulai sekarang kita ubah perilaku terhadap air sungai batanghari agar kualitasnya menjadi lebih baik dan bisa dimanfaatkan oleh orang banyak,” ungkapnya.

Sementara Gubernur Jambi Dr H. Al Haris dalam sambutannya mengatakan sungai batanghari memiliki histori yang sangat luar biasa bagi masyarakat provinsi Jambi.

Sejak abad 7 lalu sungai ini sudah menjadi peradaban, jalur perdagangan, pertahanan, sejarah dan lain sebagainya. Panjang sungai batanghari 870 KM. 76 persennya melintasi wilayah provinsi Jambi, selebihnya melintasi provinsi Sumbar dan Riau.

“Saya dan kita semua yang ada disini minum air sungai Batanghari. PDAM itu menggunakan air sungai batanghari dan anak sungai yang juga mengalir ke batanghari. Akankah kondisi ini kita biarkan terus tercemar, tentunya tidak, “ucapnya.

Terkait hal ini, harus diambil langkah dari sekarang. Sungai batanghari harus kita selamatkan. Kalau tidak diambil tindakan dari sekarang nantinya apa kata anak cucu di masa mendatang.

“Mereka tau bahwa kita membiarkan kondisi air sungai batanghari tercemar dari dulu. Tercemarnya sungai batanghari juga berasal dari anak-anak sungai di sejumlah daerah yang mengalir ke sungai batanghari,”katanya.(*).

Penulis : Firman Hidayat

Editor : MI

dinamisb

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

pks 0000
iklan 04
iklan 07
iklan 05
iklan 03
iklan 06
iklan 08
iklan 16
iklan 01
iklan 02
iklan 017
iklan 15
iklan 020
iklan 019
iklan 10
iklan 018
iklan 13
iklan 11
iklan 12
iklan 14
iklan 09
wa
lklklk
WhatsApp Image 2024-03-10 at 20.48.12
kkkkl

Recent News