Next Post

Kapolres Bungo Fasilitasi Mediasi Antar Korban Dan Pelaku Penipuan

IMG-20220205-WA0013

Bungo – Kepolisian Resort Bungo menggelar mediasi penyelesaian perkara menuju keadilan yang restorative (Restorative Justice) terhadap kasus usaha penipuan dan penggelapan yang terpaksa dilakukan seorang ibu rumah tangga karena kesulitan ekonomi.

Dipimpin Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro, mediasi restorative justice tersebut dilakukan di Kantor Polsek Muara Bungo, Jumat (4/2).

Diikuti pihak pelapor Yani, 39 tahun, yang merupakan pedagang emas perhiasan di Kota Muara Bungo dan terlapor Nur Asiah, 34 tahun, asal Desa Lubuk Landai, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo.

Menurut Kapolres Bungo Guntur Saputro, perkara penipuan terjadi Kamis (3/2), di Toko Emas Kalung Hijau milik Yani di Kota Muara Bungo. Terlapor dituding menukar sebentuk cincin emas perhiasan bernilai sekitar Rp2.630.000, – yang pura-pura hendak dibelinya namun kemudian cincin tersebut ditukar dengan cincin imitasi yang mirip bentuknya.

Setelah diperiksa dan ditimbang oleh suaminya, cincin yang diserahkan terlapor ternyata emas imitasi. Merasa ditipu, pelapor bersama suaminya berusaha menahan pelaku, kemudian meminta kembali cincin emas asli yang sudah terpasang di tangan pelapor. Selanjutnya Yani melaporkan usaha penipuan itu ke Polsek Muara Bungo.

Sewaktu disidik polisi, terlapor mengakui perbuatannya. Dia terpaksa melakukan kejahatan itu akibat desakan ekonomi untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari bersama lima anaknya yang masih kecil-kecil dan suaminya dalam keadaan sakit.

Berdasarkan keterangan tersebut, Unit Reskrim Polsek Muara Bungo mencoba melaksanakan mediasi antara pelapor dengan terlapor menuju restorative justice. Disaksikan sejumlah penyidik, terlapor meminta maaf kepada pelapor, dan pelapor akhirnya dengan pertimbangan kemanusiaan ikhlas memberikan maaf.

Setelah berjanji tidak akan mengulangi kejahatan dan meneken surat perdamaian antara pelapor dan terlapor, pemangku Polsek Muara Bungo mengeluarkan Surat Ketetapan Penghentian Penyidikan, dengan pertimbangan keadilan yang restorative guna kemanfaatan dan kepastian hukum.

Setelah memberikan nasehat, Kapolres Bungo memberikan sejumlah bantuan sembako kepada Nur Asiah, saat mediasi turut hadir bersama lima anak dan suaminya yang sedang sakit. (*).

Editor : MI

dinamisb

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Newsletter

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.

pks 0000
iklan 04
iklan 07
iklan 05
iklan 03
iklan 06
iklan 08
iklan 16
iklan 01
iklan 02
iklan 017
iklan 15
iklan 020
iklan 019
iklan 10
iklan 018
iklan 13
iklan 11
iklan 12
iklan 14
iklan 09
wa
lklklk
WhatsApp Image 2024-03-10 at 20.48.12
kkkkl

Recent News